Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Logical Agents


         Logic merupakan jantung dari program, para pemrogram mempunyai keyakinan bahwa sebuah computer dapat dibuat mengerti logika, maka computer dapat dibuat untuk berfikir, karena logika kelihatannya menjadi inti dari kecerdasan.

1.    Problem solving agent hanya bisa menyelesaikan masalah yang lingkungannya accessible
2.    Kita membutuhkan agen yang dapat menambah pengetahuan dan menyimpulkan keadaan
3.    Agent yang akan membantu seperti ini kita beri nama knowledge based agent
4.    Knowledge based agent

Komponen utama dari knowledge based agent adalah knowledge basenya. Knowledge base (KB) adalah kumpulan representasi fakta tentang lingkungan atau dunia yang berhubungan atau menjadi daerah bekerjanya agen. Setiap representasi dalam KB disebut sebagai sebuah sentence yang diekspresikan dalam sebuah bahasa yakni knowledge representation language

1      Representasi Pengetahuan yang bersifat general.
2      Kemampuan beradaptasi sesuai temuan fakta.
3      Kemampuan menyimpulkan sesuatu dari pengetahuan yang sudah ada.

Syarat Representasi KB:
1.    Representational    Adequacykemampuan merepresentasikan semua pengetahuan yang dibutuhkan dalam domainnya
2.    Inferential        Adequacykemampuan memanipulasi struktur pengetahuan untuk membentuk struktur baru dalam menampung pengetahuan baru hasil inferensi
3.    Inferential        Efficiencykemampuan untuk manambahkan informasi untuk mempercepat pencarian dalam inferensi
4.    Acquisitional  Efficiencykemampuan untuk menambah informasi baru secara mudah.

Pengetahuan yang dimiliki agent tidak berguna jika ia tidak melakukan apapun Karenanya kita perlu menambahkan aturan agar dia dapat bergerak (complete the knowledge base).

Beberapa tahapan yang dilakukan dalam menyusun knowledge based agent:

§  Untuk dapat menyusun sebuah knowledge based agent maka kita harus terlebih dulu bisa menyusun knowledge basenya itu sendiri.
§  Untuk menyusun knowledge base kita perlu menentukan bagaimana cara kita merepresentasikan pengetahuan kita (knowledge representation)
§  Knowledge representation kita harus merupakan bentuk yang mudah disimpan dan digunakan pada komputer. Dalam perkuliahan ini kita menggunakan beberapa macam knowledge representation language





award dan dunia wumpus

# award pertama
Yang musti dilakuin :
1.    Banner Award tidak boleh di ubah, baik tulisan ,warna, dan signaturenya. Tapi kalau resize gambar boleh. (Banner ya bukah Header!)
2.    Tuliskan siapa yang ngasih Award dan urlnya: Putri T Prameswara
3.    Pilih 10 female blogger yang kamu kenal dan belum nerima Award ini,dan sebutkan alasan kenapa kamu pikir dia layak dapetin Award ini.

# award kedua dari nuyy.
dan kedua award itu saya bagikan kepada:
2.    Dissa Pidanti

sekarang saatnya kita bermain di dunia Wumpus.

Wumpus merupakan seekor monster yang tinggal di sebuah gua yang terbagi menjadi 16 ruangan. Wumpus dapat mengeluarkan bau busuk (stench). Wumpus akan menjerit dan mati jika terkena panah. Di dalam gua terdapat 3 lubang mematikan (Pit) yang mengeluarkan angin (breeze) yang terasa sampai ruangan-ruangan di sekitarnya. Sebuah agent dilengkapi dengan tiga anak panah yang hanya bisa diarahkan menuju ruangan-ruangan yang searah dengan arah agent menghadap. Agent bisa bergerak hadap kanan, hadap kiri, atau maju. Agent bisa memanjat keluar gua jika berada pada posisi terjepit. Agen akan mati jika memasuki kotak yang terdapat Wumpus atau Pit.



notWumpus(X,Y):-notStench(X,N), Y is N-1.
notWumpus(X,Y):-notStench(X,N), Y is N+1.
notPit(X,Y):-notBreeze(X,N), Y is N+1.
notStench(X,Y):-percept(nStench,-,-,X,Y,-).
dsb dsb




Logic in general - models and entailment
      konsekuensi logis (juga entailment) adalah salah satu konsep yang paling mendasar dalam logika. Ini adalah hubungan antara pernyataan yang berlaku ketika salah satu secara logis berikut dari satu atau lebih orang lain. Sebuah argumenyang logis yang valid adalah satu di mana kesimpulan mengikuti dari tempat yang, dan kesimpulannya merupakan konsekuensi dari bangunan. Analisis filosofis konsekuensi logis melibatkan bertanya, 'dalam arti apa yang kesimpulan mengikuti dari propertinya?' dan 'apa artinya bagi kesimpulan untuk menjadi konsekuensi dari tempat?  Semua logika filosofis dapat dianggap sebagai menyediakan rekening sifat konsekuensi logis, serta kebenaran logis

daftar pustaka :



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Arfan Adiputra mengatakan...

Thanks,It's so Awesome
Visit Us

arcico weldy mengatakan...

Thank for sharing, please visit
Visit Us

Posting Komentar